Optimalkan Pelayanan, Perumda Air Minum Diminta Tingkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

by
Bupati Wihaji saat memberi sambutan pada pengukuhan Direksi dan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Sendang Kamulyan.

BATANG – Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, PDAM Kabupaten Batang kini telah resmi menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Sendang Kamulyan, diminta tidak hanya memperbaiki bidang teknis saja. Namun juga harus bisa meningkatkan komunikasi dengan pelanggan melalui berbagai media yang ada.

“Bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan dalam upaya meningkatkan pelayanan. Jika komunikasi baik, maka pelangganpun akan bisa memahami setiap kendala atau gangguan yang terjadi,” ujar Bupati Batang, Wihaji saat memberi sambutan pada pengukuhan Direksi dan Dewan Pengawas Perumda Sendang Kamulyan, Rabu (5/8/2020).

Bupati Wihaji menjelaskan, kinerja Perumda Sendang Kamulyan dipantau langsung oleh masyarakat atau pelanggan. Jika ada sedikit saja persoalan atau gangguan, maka bisa langsung diketahui dan memunculkan komplen. Karena itulah, selain melakukan perbaikan, juga harus dibangun komunikasi yang baik dengan pelanggan agar mereka mengetahui persoalan sebenarnya yang terjadi.

“Jika ada gangguan, maka segera tangani. Namun juga harus dibarengi dengan penjelasan kepada pelanggan penyebabnya dan langkah-langkah yang sedang dilakukan melalui berbagai media yang ada. Jika ada penjelasan atau informasi, saya yakin pelanggan bisa memahaminya,” jelas Bupati Wihaji.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan bahwa kedepan tantangan Perumda akan semakin berat. Pasalnya, dalam waktu dekat ini Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang akan mulai dibangun.

“Jika industri dibangun, maka otomatis akan muncul juga kawasan-kawasan perumahan baru yang tentu saja membutuhkan sambungan air bersih baru. Jadi, dengan adanya KIT Batang, selain harus mempersiapkan layanan untuk pelanggan kelas perusahaan, Perumda Sendang Kamulyan juga harus mempersiapkan tambahan sambungan baru untuk pelanggan. Dan saya pastikan jumlahnya akan sangat banyak,” beber Wihaji.

Karena itulah, segala persiapan harus dilakukan sedini mungkin agar nantinya Perumda bisa siap dalam memenuhi kebutuhan air bersih saat terjadi lonjakan pelanggan.

“Persiapkan piranti-piranti, minimal jalur-jalur air yang dibutuhkan untuk penambahan pelanggan. Baik untuk sentor industri ataupun rumah tangga. Dan saya yakin jajaran Perumda Sendang Kamulyan siap untuk memenuhinya,” tandas Wihaji.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Sendang Kamulyan, Yulianto dalam sambutanya menyatakan, mensikapi harapan masyarakat terkait peningkatan pelayanan, Perumda air minum saat ini tengah mempersiapkan rencana bisnis 5 tahun ke depan. Rencana itu akan menjadi acuan atau landasan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan pada masyarakat.

“Kami segenap jajaran Perumda Air Minum Sendang Kamulyan harus siap bekerja sepenuh hati atas tanggungjawab yang dibebankan, termasuk peningkatan pelayanan pada pelanggan. Dengan demikianlah, kedepan kinerja dan pelayanan yang diberikan bisa lebih optimal,” pungkas Yulianto.