Layanan Perpusda Buka Lagi, Protokol Ketat Diberlakukan

by
SCREENING - Petugas Perpusda Batang melakukan prosedur screening berupa pengukuran suhu tubuh untuk setiap pengunjung.

BATANG – Lama dinanti, layanan pinjam/baca buku di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Batang akhirnya resmi dibuka kembali per Senin (3/8/2020) kemarin. Namun demikian, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka protokol pencegahan diberlakukan secara ketat untuk setiap pengunjung.

“Alhamdulillah, di masa tatanan normal baru ini kami bisa kembali membuka layanan perpusda untuk masyarakat. Tetapi karena pandemi Covid-19 ini masih mengancam, tentu langkah antisipasi harus kami lakukan, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan bagi setiap pengunjung,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Batang, Rahmat Nurul Fadilah SPd MSi, Selasa (4/8/2020).

Karena itu, layanan Perpusda sementara hanya dibuka untuk masyarakat kategori usia dewasa/mahasiswa, tidak untuk anak usia TK/PAUD, SD, SMP, dan SMA sederajat. “Menindaklanjuti kebijakan Pak Bupati, kita tidak ingin ada klaster baru Covid-19 dari perpustakaan. Kita dukung program zero covid yang dicanangkan Pak Bupati,” ucap Rahmat.

Sementara Kasi Pelayanan Informasi dan Kerjasama Disperpuska, Sutiawati SIP MM menjelaskan, demi mencegah kerumunan, maka pengunjung dibatasi maksimal 15 orang. Setiap pengunjung juga hanya memiliki space waktu baca di ruang layanan maksimal 2 jam.

“Dan jangan lupa, setiap pengunjung kita wajibkan mengikuti protokol kesehatan. Termasuk petugas layanan kami juga mengenakan masker dan face shield untuk menghindari percikan droplet,” terangnya.