Mengenalkan Warisan Leluhur lewat Wisata Edukasi Gerabah

by
WISATA - Inilah lokasi wisata edukasi gerabah di Desa Wonorejo, Kecamatan Wonopringgo.

WONOPRINGGO – Desa Wonorejo, Kecamatan Wonopringgo dikenal sebagai pusat kerajinan gerabah di wilayah Pekalongan dan sekitarnya, sejak dahulu hingga sekarang. Bedanya, dulu dikenal sebagai sentra pengrajin dan produksi gerabah saja, sedangkan sekarang lebih dikenal sebagai wisata edukasi gerabah bagi anak.

Karena produksinya tidak sehebat dahulu, maka menjadikan gerabah sebagai wisata edukasi adalah salah satu upaya pemerintah desa, karang taruna dan warga menjaga warisan leluhur ini tidak dilupakan generasi selanjutnya.

Kepala Desa Wonorejo, Afif, ketika ditemui di kantornya, Selasa (04/8/2020), mengungkapkan bahwa gerabah masih terus dilestarikan di desanya, namun lebih fokus pada wisata edukasi bagi anak usia dini seperti PAUD, TK, dan MI.

“Kalau melihat warga desa Wonorejo dari dulu memang mata pencahariannya dari gerabah. Hampir sebagian besar ke situ. Supaya tidak kemakan zaman, dan sejarah tidak terlupakan, makanya diangkat lagi. Jadinya wisata edukasi gerabah ceria desa wonorejo. Dan ternyata sekarang sudah menjadi wisata belajar bagi anak-anak untuk membuat gerabah. Mulai dari belajar membuat bentuk gerabah, mengecat, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Wisata edukasi gerabah sendiri berlokasi sementara di kediaman pribadi Kepala Desa wonorejo, tepatnya di RT 13 Desa Wonorejo. Di mana saat ini telah memberdayakan beberapa warga sekitar untuk berperan aktif di dalamnya. “Yang jelas terjangkau untuk tarif. Gerabahnya sendiri pun ada yang diperjualbelikan di sini,” lanjutnya.