Antisipasi Bencana, PMI Gelar Rakor

by
Arini Harimurti
Arini Harimurti
Arini Harimurti
Arini Harimurti

KAJEN – PMI Kabupaten Pekalongan menggelar Rapat Koordinasi di Bandungan Kabupaten Semarang, baru-baru ini. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan berbagai hal menyambut potensi kejadian kebencanaan di Kota Santri maupun kegiatan sosial lainnya.

Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Arini Harimurti, saat ditemui kemarin, mengungkapkan, banyak hal yang dibicarakan dalam rapat koordinasi ini. Salah satunya yakni mengenai program kerja selama tahun 2018 ini. Ada beberapa program prioritas yang sudah disusun anggota sesuai wilayah kerjanya masing-masing.



“Ada beberapa prioritas pembahasan yang dilakukan, salah satunya yakni tentang pelatihan bagi siaga bencana berbasis masyarakat, peningkatan kemampuan relawan maupun pelatih, serta perekrutan relawan baru,” ujar Arini yang juga menjabat Wakil Bupati Pekalongan itu.

Menurutnya, program prioritas ini perlu dilakukan sesuai rencana untuk mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Pekalongan, seperti longsor dan banjir.

“Kita harus antisipasi atau cegah dari pada menangani. Kalau semua persiapan sudah matang diharapkan berbagai tantangan dan rintangan bisa terlesaikan dengan baik,” harap dia.

Terpisah Kepala TU Markas PMI Kabupaten Pekalongan Iwan mengatakan, kegiatan Rakor ini dilakukan dalam rangka menyusun rencana ke depan serta memberikan pemahaman terkait hadirnya PMI dalam lingkungan masyarakat dan peran dari kinerja PMI yang bersemboyankan Bersama Untuk Kemanusiaan.

“Keberadaan PMI selama ini masih diketahui oleh sedikit masyarakat. Itupun hanya sekedar kegiatan donor darah. Padahal PMI itu punya banyak kegiatan dan program yang terlaksana di bidang sosial kemanusiaan. Adanya hal ini diharapkan bisa semakin berkontribusi kepada masyarakat,” paparnya. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito