Anggota DPRD Temukan Masalah Bantuan Covid-19

by

KOTA – Anggota DPRD Kota Pekalongan dari Fraksi Amanat Indonesia Raya, M Rizqon, menemukan sejumlah permasalahan dalam proses pembagian bantuan Covid-19 dari Pemerintah Pusat yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) perluasan yang berupa bantuan sembako. Ada beberapa masalah yang ditemukannya berkaitan teknis penyaluran bantuan.

“Saya mendapat banyak laporan dari masyarakat di wilayah saya dan setelah ditelusuri ternyata memang ada beberapa masalah yang terjadi dalam penyaluran bantuan sembako dari pemerintah pusat,” ungkap Rizqon.

Sejumlah masalah yang ditemui diantaranya ada beberapa penerima yang tercatat sebagai penerima bantuan namun tidak mendapatkan informasi dari awal sehingga belum sama sekali menerima bantuan tersebut. Juga terkait teknis penerimaan bantuan di mana warga tidak mendapatkan ATM dari pihak petugas yang menyalurkan.

“Jadi penerima ini sejak pertama tidak diberi ATM dan hanya langsung mendapatkan bantuan saja. Tahap pertama bantuan bisa diambil tapi saat tahap berikutnya saat waktunya mengambil justru ditanyakan ATM-nya. Kemudian juga terkait ATM ini ada masalah lain yakni saat mencairkan pertama warga diminta ganti PIN agar aman tapi setelah PIN diganti justru saat akan mencairkan tahap kedua ATM-nya diblokir karena PIN tidak sesuai,” jelas Rizqon.

Dia meminta agar dinas terkait maupun petugas yang menangani bantuan tersebut agar segera menyelesaikan masalah-masalah yang muncul. Sehingga warga yang berhak menerima dipastikan bisa mendapatkan haknya tersebut. “Masalah-masalah ini harus segera diselesaikan agar warga yang berhak menerima ini benar-benar bisa menerima bantuan sesuai dengan ketentuannya,” harap Rizqon.