Tak Perlu Keluar Rumah Urus JKN-KIS, Ada Chika Siap Membantu

by
Farida Amur

Pekalongan – Wabah Covid-19 sedang melanda hampir di seluruh daerah di negeri ini. Segala aktivitas dan kegiatan dibatasi, mulai dari belajar mengajar sampai dengan kegiatan bekerja hanya dilakukan di rumah. Demi menjaga pelayanan prima dan menjawab akan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tersebut di masa wabah ini, BPJS Kesehatan mengeluarkan inovasi layanan informasi dengan menggunakan teknologi artificial intelegence. Teknologi tersebut bernama CHIKA atau singkatan dari Chat Assistant JKN.

Adanya CHIKA dirasakan betul manfaatnya oleh salah peserta JKN-KIS, Farida Amur. Perempuan yang bekerja di salah satu bank daerah di Kabupaten Batang ini menceritakan pengalamannya menggunakan bantuan CHIKA untuk mencari informasi tentang JKN-KIS.

“Saat itu saya membutuhkan informasi lokasi fasilitas kesehatan yang berada di sekitar wilayah kediaman saya untuk mengubah data kepesertaan orang tua. Awalnya sebelum mengetahui adanya CHIKA ini, tadinya saya akan menuju ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, tetapi ia mengurungkan niat karena kondisi serta imbauan dari pemerintah setempat agar tetap di rumah,” tuturnya, Jumat (08/05).

Akhirnya Farida mencari-cari informasi terkait layanan JKN-KIS selama masa wabah Covid-19 dan menemukan informasi tentang CHIKA ini. Farida pun mempergunakan fasilitas CHIKA dengan cara berinteraksi melalui aplikasi media sosial Whatsapp(WA).

“Mudah sekali pengunaannya, tinggal komunikasi dengan nomor WA yang dituju, dan chatting seperti biasa, responnya sangat cepat sekali dan jelas juga penyampaiannya informasi,” ungkap Farida senang.

Farida pun menambahkan bahwa aplikasi ini memudahkan peserta JKN-KIS seperti dirinya, karena aksesnya bisa dilakukan melalui media sosial yang cukup populer seperti Facebook, Whatsapp, Telegram. Apalagi di masa sekarang ini, dengan kondisi masyarakat diimbau untuk lebih baik di rumah saja untuk menghindari penyebaran Covid-19, fitur-fitur tersebut pun menjadi salah satu solusi yang menjadi jawaban bagi peserta JKN-KIS yang sedang membutuhkan informasi kepesertaan JKN-KIS.

“Saya akan sebarkan mengenai CHIKA ini, kepada teman-teman dan tetangga, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan membantu,” harap Farida. (ma/ey)