Sempat Pasrah, Dul Basir Bersyukur Dijamin JKN-KIS

by
Dul Basir

Pekalongan – Dul Basir (52), merupakan seorang tulang punggung keluarga yang kesehariannya bekerja sebagai petani. Dul dan keluarganya adalah peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Saat ditemui Jamkesnews di Rumah Sakit Umum Siaga Medika Pekalongan, Dul Basir menceritakan pengalamannya saat dirinya terbantu oleh JKN-KIS.

“Suatu waktu saya saya mengalami kram dan nyeri perut yang luar biasa, lain dari biasanya walau sering mengalami sebelumnya. Saya sudah merasa tidak kuat lagi dan pasrah saja awalnya, tapi kemudian saya ingat saya punya JKN-KIS,” ujar Basir, Selasa (07/04).

Dengan kondisinya tersebut, Basir pun segera dilarikan ke rumah sakit oleh sanak saudaranya. Benar saja, kondisinya harus memperoleh penanganan intensif segera. Basir pun dirawat selama 3 hari di Rumah Sakit Umum Siaga Medika. Setelah mendapatkan perawatan, dokter menyatakan bahwa terdirinya terkena kram perut kronis.

Basir mengaku merasa puas dengan pelayanan rumah sakit yang tidak membeda-bedakan pasien umum dan peserta JKN-KIS. Mulai dari dokter, perawat dan petugas lain di rumah sakit sangat membantu dan membuat dirinya nyaman.

“Saya sangat bersyukur telah menjadi peserta JKN-KIS karena dapat diberikan perawatan dilakukan tanpa harus perlu memikirkan biayanya. Saya yang hanya bekerja sebagai petani sayur agak berat jika menanggung sendiri biayanya. Saya menjadi peserta JKN-KIS PBI sejak tahun 2016, Program JKN-KIS sangat membantu kami ketika sedang sakit apalagi dengan penghasilan saya yang tidak menentu sebagai seorang petani sayur,” terang Basir.

Basir pun berharap agar Program JKN-KIS ini dapat terus ada untuk masyarakat yang membutuhkan, dan berharap semakin banyak masyarakat yang merasa diringankankan bebannya tanpa harus memikirkan biaya pengobatan jika mengalami sakit.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk segera mendaftarkan diri dan keluarga ke Program JKN-KIS selagi sehat. Menurutnya, selain persyaratannya yang mudah, pelayanan yang diberikan juga sangat cepat dan nyaman. Ia juga menyampaikan bahwa masyarakat pun harus rajin bayar iurannya supaya orang lain bisa tetap menikmati dan mendapatkan layanan Progam JKN-KIS ini. (ma/ey)