RPH Panjang Wetan Dipindahkan ke Kertoharjo

by
RESMIKAN - Dengan didampingi wakilnya HA Afzan Arslan Djunaid beserta pimpinan OPD lainnya, Wali Kota HM Saelany Machfudz SE meresmikan RPH Kertoharjo sekaligus menandai dimulainya relokasi RPH Panjang Wetan, Sabtu (1/8/2020).

KOTA – Kondisi Rumah Potong Hewan (RPH) di Panjang Wetan sudah tidak layak digunakan. karena kesulitan untuk pembuangan kotoran, ditambah adanya ancaman rob di lokasi tersebut. Kondisi demikian mendorong Wali Kota HM Saelany Machfudz SE memindahkan RPH ke Kertoharjo yang berada di Kompleks Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan.

Pada Sabtu (1/8/2020), tepat pada momentum Idul Adha 1441 H, didampingi wakilnya HA Afzan Arslan Djunaid beserta pimpinan OPD lainnya, Wali Kota meresmikan RPH Kertoharjo sekaligus menandai dimulainya relokasi RPH Panjang Wetan.

Dengan selesainya pembangunan RPH Kertoharjo, Wali Kota mengungkapkan rasa syukurnya RPH Kertoharjo ini sudah dapat beroperasional tahun ini. Menurutnya RPH yang lama sudah tidak layak digunakan karena untuk pembuangan kotoran dengan adanya rob ini takutnya akan menggangu lingkungan.

“Kota Pekalongan menjadi salah satu poros di pantura, mudah-mudahan dengan adanya RPH Kertoharjo ini kebutuhan daging di Kota Pekalongan tercukupi. Selain itu masyarakat dan para pengusaha dapat memotong hewan ternaknya di RPH sini sehingga daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal),” ungkap Saelany.

Sebelumnya, usai melaksanakan salat subuh berjamaah di Masjid Al-Ikhlas, mewakili Pemkot Pekalongan, Wali Kota menyerahkan tiga ekor sapi dan empat ekor kambing dari Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Pengurus Masjid Al-Ikhlas untuk dibagikan kepada jamaah dan masyarakat sekitar Masjid Al-Ikhlas.