Tiga Proyek Besar di Kota Pekalongan Bakal Mulai Dikerjakan

by
Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz membuka kegiatan rakor terintegrasi secara virtual bersama pihak terkait. Istimewa

KOTA – Tiga proyek besar di Kota Pekalongan dalam waktu dekat ini akan mulai dikerjakan. Ketiga proyek tersebut yakni pembangunan Wisata Air Terbesar di Indonesia, pembangunan Pelabuhan Onshore, dan penanganan banjir rob.

Hal itu diungkapkan Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz membuka kegiatan rakor terintegrasi secara virtual bersama pihak terkait seperti dari Pusdataru Provinsi Jawa Tengah, BBWS Pemali Juana, perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian PUPR, dan jajaran Pemkot Pekalongan, bertempat di Ruang Jetayu Setda setempat, belum lama ini.

“Ketiga pekerjaan pembangunan tersebut akan dimulai dalam waktu yang bersamaan dan berdekatan. Oleh karena itu, perlu sinergitas semua pihak guna mengkoordinasikan ketiga pekerjaan tersebut, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya nanti. Hal itu diperlukan agar tidak ada tumpang tindih antar area, kesulitan mobilisasi alat dan material, kesalahan pembangunan jaringan dan banyak hal yang perlu diantisipasi,” terang Saelany.

Menurut Saelany, penanganan banjir rob mendapatkan dukungan penuh oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk percepatan koordinasi. Selain itu, pihaknya juga sangat bersyukur dan mengapresiasi bahwa Kota Pekalongan masuk sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam Perpres Nomor 79 dan mendapat respon positif dari Kementerian PUPR serta KKP RI.

Dijelaskan Saelany, saat ini untuk pembangunan Wisata Air Terbesar di Pantai Pasir Kencana sudah sampai tahap perencanaan, dan pengosongan lokasi serta proses lelang. Sedangkan untuk pekerjaan fisik penanggulangan rob akan dimulai pada tahun 2021 mendatang.

“Semoga sinergitas ini bisa menjadi tonggak awal Kota Pekalongan dalam menyelesaikan permasalahan banjir rob sekaligus menata kawasan wisata di masa yang akan datang,” pungkas Saelany. (red)