TMMD Garap Jalan Desa Terpencil

by
AKSES JALAN - Bupati Asip Kholbihi meresmikan jalan hasil program TMMD di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, kemarin.

PETUNGKRIYONO – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 Kodim 0710 Pekalongan sukses mengimplementasikan pembangunan akses jalan strategis di desa terpencil, yakni di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono. Secara resmi acara penyerahan hasil TMMD ini telah dilakukan oleh Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto kepada Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Rabu (29/7/2020).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran TNI dan Polri yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan TMMD Sengkuyung II di Petungkriyono. Menurutnya, hasil yang diperoleh dari kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat, karena pembukaan akses jalan merupakan basik kebutuhan masyarakat di Desa Tlogopakis untuk menjalankan roda perekonomian.

Diakuinya, Desa Tlogopakis merupakan salah satu desa terpencil di Kabupaten Pekalongan. Padahal, desa ini memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Sehingga menurutnya, program TMMD sangatlah tepat dilaksanakan di wilayah itu.

‘’Alhamdulillah pada kesempatan yang baik ini kita dapat hadir untuk menerima hasil TMMD Sengkuyung tahap II Tahun 2020. Saya mengucapkan terimakasih kepada pak Dandim, pak Kapolres karena seluruh jajaran TNI dan Polri bekerjasama dengan kita masyarakat membangun jalan yang sangat strategis dan sangat dibutuhkan masyarakat,’’ ujar Bupati.

Bupati berharap, dengan akses jalan yang telah dibangun ini, kesejahteraan masyarakat dan paradigma baru wajah Petungkriyono menjadi gambaran indahnya destinasi wisata di Kabupaten Pekalongan bisa terwujud.

‘’Oleh karena itu, mudah-mudahan hasil ini bisa menambah nilai lebih terutama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan,’’ ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada Satgas TMMD Sengkuyung Tahap 1 yang bertugas di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi karena telah sukses mendapatkan pengharagaan pertama terbaik penyelenggaraan TMMD Sengkuyung di Indonesia. Menurutnya, penghargaan itu merupakan refleksi kerjasama yang baik dari pengimplementasian program sistem pertahanan rakyat semesta.

‘’Ini adalah hasil refleksi atau cerminan dari bagaimana kita mendesign kerjasama yang merupakan bagian dari pengimplemetasian sistem pertahanan rakyat semesta yang harus terus-menerus kita tingkatkan kualitasnya,’’ kata Bupati.

Sementara itu, Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto menyampaikan rasa syukur karena telah menyerahkan hasil dari program TMMD kepada Bupati Asip Kholbihi. Diharapkan, pembangunan itu bisa membantu masyarakat Kabupaten Pekalongan khususnya masyarakat Desa Tlogopakis untuk mendapatkan akses jalan.

Menurut Arfan, wilayah di Petungkriyono ini sangat cocok dengan tujuan dari program TMMD dalam melakukan pembangunan fisik maupun non fisik wilayah terpencil guna mengembangkan potensi yang ada.

‘’Menurut saya fungsi TMMD itu sangat kelihatan kalau kemudian sasaran tempatnya itu kita diarahkan ke tempat-tempat pelosok atau daerah seperti ini yang terisolir. Mudah-mudahan dengan ini bisa membuka akses jalan bagi masyarakat,’’ jelas Arfan. (had)