Menguji Efektivitas Tanggul: Lindungi 5.000 KK, Keringkan 267 Hektar Wilayah

by
DIMANFAATKAN WARGA - Tanggul rob yang ada di wilayah Kelurahan Kandang Panjang kini dimanfaatkan warga untuk berkegiatan.

Selama bertahun-tahun digenangi rob, Fauzan menyatakan banyak warga di Kandang Panjang yang meninggalkan rumahnya begitu saja. Diantaranya yang paling banyak yakni di kawasan Perumahan Pesona dan kawasan Perumahan Swadaya. Kini setelah Kandang Panjang mengering, mereka kembali pulang.

“Di Perum Pesona dan Perum Swadaya sudah mulai banyak yang pulang. Yang punya biaya lebih juga mulai membenahi lagi rumahnya untuk bisa ditempati,” katanya.

Yang terlihat jelas merasakan manfaat tanggul adalah masyarakat Kelurahan Bandengan. Keberadaan tanggul seakan membawa kehidupan baru bagi warga di sana setelah 10 tahun lebih bergelut dengan banjir rob. Kini, hampir 100% wilayah Bandengan kering. 1.500 KK terbebas dari bencana yang nyaris membuat mereka putus asa.

Salah satu Aktivis Pejuang Rob dari Bandengan, Darwanto, mengaku bahagia menikmati kondisi wilayah Bandengan yang sudah tak lagi hidup berdampingan dengan banjir rob. Perlahan, masyarakat juga mulai bangkit. Mereka kini sedang gencar-gencarnya melakukan penghijauan di lingkungan masing-masing setelah sebelumnya rob membuat lingkungan tak produktif dan membuat hampir semua jenis tanaman mati.

“10 tahun lebih kami bergelut dengan banjir rob. Mulai 2011 banjir rob selalu menggenangi Bandengan setiap tahun. Kini kami merasakan Bandengan benar-benar kering. Warga merasa sangat lega dan bahagia. Mereka mulai bangkit, membenahi lingkungan, membenahi kediaman dan gencar melakukan penghijauan. Masyarakat juga sudah mulai aktif dalam berbagai kegiatan,” tuturnya.