Menguji Efektivitas Tanggul: Lindungi 5.000 KK, Keringkan 267 Hektar Wilayah

by
DIMANFAATKAN WARGA - Tanggul rob yang ada di wilayah Kelurahan Kandang Panjang kini dimanfaatkan warga untuk berkegiatan.

KOTA – Satu bak penuh tanah merah dituangkan dari sebuah kontainer di tepi jalan setelah tombol sirine dipencet bersamaan oleh sejumlah pejabat pada 24 Januari 2018 siang. Momen itu menjadi penanda dimulainya pembangunan tanggul raksasa di wilayah Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Acara ground breaking itu sekaligus kembali mengapungkan asa masyarakat di sejumlah wilayah yang sudah lelah menghadapi banjir rob yang bagai tak kenal waktu terus menggenang.

Pembangunan tanggul di Kota Pekalongan itu merupakan bagian dari program pengendalian banjir dan rob di Kota dan Kabupaten Pekalongan oleh Kementrian Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pembangunan tanggul di Kota Pekalongan, masuk dalam paket III dan dikerjakan oleh kontraktor PT Hutama Karya (Persero).

Proyek yang didanai dari APBN senilai Rp127,5 miliar itu, membangun tanggul sekaligus long storage sepanjang 2,31 kilometer mulai dari wilayah Kelurahan Kandang Panjang, Kota Pekalongan, hingga ke wilayah Jeruksari, Kabupaten Pekalongan. Ujung tanggul juga dilengkappi pompa besar dengan kapasitas 2.000 liter per detik.

Selesai dibangun akhir tahun 2019, efektivitas tanggul benar-benar ditunggu masyarakat. Hasilnya, dalam beberapa ali banjir rob di Kota Pekalongan, sejumlah wilayah yang memang menjadi target penyelesaian aman dari banjir rob. Kelurahan Kandang Panjang, Kelurahan Bandengan dan sebagian Kelurahan Panjang Baru kering dari genangan pasang air laut yang sudah bertahun-tahun dihadapi.

“Efek tanggul rob sangat terasa di wilayah yang menjadi target penyelesaian, khususnya wilayah yang ada di sisi sebelah selatan tanggul yakni Kelurahan Kandang Panjang, Bandengan dan sebagian Panjang Baru bahkan sampai ke wilayah Jeruksari Kabupaten Pekalongan,” ungkap Kabid Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Khaerudin.