Usai Tata Lingkungan, Simbang Wetan Fokus ke RTLH

by
RAMAI - Kegiatan pasar simbang wetan yang nampak ramai aktivitas warga.

BUARAN – Sukses menata lingkungan agar tak kumuh, Pemerintah Desa Simbang Wetan, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, kini mulai menata pemukiman melalui program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dijelaskan Kades Simbang Wetan, Khaerudin, bahwa permasalahan lingkungan di desanya sangat kompleks, bukan hanya lingkungan kumuh, namun juga perumahan warga belum tertata. Jambanisasi juga masih menjadi persoalan, sehingga hal pertama yang pihaknya lakukan adalah melaksanakan sanitasi. “Sanitasi ini sangat vital bagi kesehatan warga,” ungkapnya, Selasa (28/7/2020).

Selanjutnya, Pemdes beupaya menata limbah rumah tangga maupun industri. Kalau ini berjalan, berikutnya program penataan jalan dilakukan.

“Dan alhamdulillah di periode pertama ini sudah selesai hampir 90%. Jambanisasi sudah bertahap selesai, dan kami juga sudah bebas BABS. Bahkan kita dapat penghargaan dari Pak Bupati pula,” paparnya.

Setelah penataan lingkungan, maka selanjutnya adalah penataan RTLH. Program ini juga kata dia sangat dinikmati warga khususnya warga tidak mampu utamanya mereka yang berprofesi sebagai buruh.