Warga Diminta Patuhi Protokol Penyembelihan

by
Lurah Kuripan Yosorejo, Untung Siswanto

*Tindak Lanjut Edaran Walikota

KOTA – Pemerintah Kelurahan Kuripan Yosorejo, Pekalongan Selatan, mengimbau warganya untuk mematuhi protokol penyembelihan saat Idul Adha 1441 H nanti. Hal itu menindaklanjuti Surat Edaran Walikota terkait pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi pandemi guna menjaga keamanan dan kelayakan daging kurban.

Lurah Kuripan Yosorejo, Pekalongan Selatan, Untung Siswanto mengatakan, himbauan sendiri disosialisasikan sesuai dengan adaptasi kebiasaan baru, sehingga diperlukan langkah-langkah untuk mencegah potensi penularan Covid-19 saat penyembelihan hewan kurban nanti.

“Kami pemerintah kelurahan Kuripan Yosorejo menghimbau dalam pelaksanaan idul adha nanti warga mampu patuhi protokol penyembelihan. Yang terpenting hindari kerumunan warga saat penyembelihan berlangsung,” ungkapnya, Selasa (28/7/2020).

Himbauan itu juga telah disampaikan kepada takmir masjid dan mushola serta panitia penyembelih hewan kurban di Kelurahan Yosorejo.
Meski di wilayahnya memiliki tempat penyembelihan sendiri, namun Untung tetap mengimbau warganya untuk menghindari pemusatan pemotongan di satu titik dengan jumlah banyak.

“Kalau misalnya mau kurban kambing ya bisa sendiri tetapi harus sesuai standar covid. Di masjid-masjid ya ada paling berapa ekor. Supaya tidak satu pusat pemotongan aja,” jelasnya.

Dia juga tidak melarang jika ada warga yang mau melakukan pemotongan sendiri di rumah atau mushola terdekat. “sendiri juga bisa, di mushola, yang penting himbauan sudah disampaikan agar tetap kondusif,” tutupnya. (ap3)