Jalan Rusak Terancam Batal Diperbaiki

by

*Sepanjang 80 Km di Kabupaten Kendal

KENDAL – Jalan rusak di Kabupaten Kendal sepanjang 80 kilometer tahun ini terancam batal diperbaiki. Hal itu karena anggaran yang telah disusun untuk perbaikan infrastruktur, dialihkan untuk penanganan percepatan wabah virus korona.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Sugiono, mengatakan, tahun ini jalan rusak di Kabupaten Kendal yang perlu diperbaiki sepanjang 80 kilometer dengan 82 paket pekerjaan. Nilai anggaran yang disiapkan kurang lebih Rp 100 miliar yang bersumber dari APBD Kendal, Dana Alokasi Khusus (DAK), DBHCHT, dan banprov.



“Hingga kemarin belum terdapat perbaikan sama sekali. Namun, kami memiliki tanggung jawab menjaga kondisi jalan rusak supaya bisa dilewati melalui pemeliharaan jalan atau mobiling rate,” tuturnya.

Meski demikian, anggaran untuk mobiling rate tersebut tahun ini juga mengalami refocusing untuk covid. Dari anggaran sebesar Rp5 miliar mengalami refocusing senilai Rp2,3 miliar, sehingga hanya tersisa Rp2,7 miliar.

“Padahal kami harus melakukan pemeliharaan jalan sepanjang 770 kilometer. Dari hasil KUA PPAS yang kami terima, tahun depan masih seperti ini. Kami juga melakukan perencanaan untuk 2021 tapi formatnya seperti setelah di potong covid,” ucapnya.