Petugas Temukan Hewan Belum Cukup Umur

by
PERIKSA HEWAN KURBAN: Petugas dari DKPP Kabupaten Pekalongan saat memeriksa hewan kurban di pengepul di Desa Salakbrojo, Kecamatan Karangdadap, kemarin.

**Saat Memantau Hewan Kurban

KARANGDADAP – Petugas dari Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan melakukan pantauan hewan kurban di sejumlah pedagang pengepul, Selasa (28/7/2020).

Dari pantauan itu, hewan kurban yang dijual pedagang dalam kondisi sehat. Namun, petugas mendapati masih ada hewan belum cukup umur yang dijual oleh pedagang.

Pantauan dilakukan di beberapa lokasi pengepul hewan kurban seperti sapi dan kambing di Wonopringgo, Kedungwuni, dan Tirto.

“Alhamdulillah tadi yang kita kunjungi kondisinya bagus-bagus semua. Layak potong,” ujar Kabid Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan, Suprapti Esti Arini, didampingi dokter hewan Mu’tassim Billah, usai pantauan, kemarin siang.
“Temuan kita paling belum cukup umur saja. Untuk penyakit Insya Allah aman,” lanjut dia.

Petugas juga memberi edukasi kepada pedagang pengepul untuk tidak menjual hewan yang belum cukup umur. Sebab, salah satu syarat ternak bisa untuk hewan kurban adalah sudah cukup umur atau pupak.