Demi Pembelajaran, Guru Sambangi Anak-anak di Pesisir Pantai Roban

by
KUNJUNGI - Salah satu guru saat menguji siswanya untuk memberikan pembelajaran.

BATANG – Ada yang berbeda di pesisir Pantai Pesona Indah Roban, Selasa (28/7/2020). Tampak beberapa bocah berseragam SD tengah berkumpul di pondok kayu pinggir pantai. Dengan menggunakan masker, mereka fokus mendengarkan penjelasan dari seorang perempuan yang merupakan pengajar mereka.

Ditemani sepoi-sepoinya angin, sesekali sang guru mengajak anak-anak untuk belajar membaca. Sesekali pula ia memperlihatkan bahan ajar di notebooknya. Sembari takjub, para bocah tersebut mengamati materi yang ada dalam notebook.

Rupanya, kelima bocah yang duduk di bangku kelas 1 tersebut tengah menjalani program home schooling yang dilakukan sekolahnya, SDN Kedungsegog 02 Tulis. Home visit ini menjadi upaya sekolah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Harusnya dilaksanakan di rumah mereka, tapi kondisi rumah orang tua belum memadai untuk pembelajaran kelompok. Fasilitas sesuai protokol kesehatan juga belum terpenuhi. Akhirnya untuk kelompok ini, untuk kelas 1, kami lakukan di pondok pinggir pantai ini, karena di sini ada tempat cuci tangan dan tempatnya cukup luas untuk belajar bersama,” terang pengajar kelas 1 SDN Kedungsegog 02, Dian Octorina.

Dian menerangkan, bocah-bocah tersebut tinggal di dekat Pantai Roban. Orang tua mereka pun sudah sepakat pembelajaran dilaksanakan di pondok tepi pantai. Tak lepas tangan, para orang tua pun tetap memantau anak mereka belajar.