Uji Kir Bakal Dialihkan ke Sistem Online

by
UJI KIR – Tampak terlihat sejumlah kendaraan tengah melakukan uji Kir di Dishub Batang.

BATANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang menyiapkan sistem online untuk pengajuan uji kendaraan bermotor atau kir secara online. Upaya itu dilakukan guna mempermudah masyarakat dalam melakukan uji berkala kendaraan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Batang, Moh Kholip mengungkapkan, sistem pengajuan kir secara online bakal dimulai pada 3 Agustus 2020. “Pemohon uji berkala tidak perlu repot-repot lagi untuk mengantre di kantor Dishub Batang,” katanya, belum lama ini.

Ia mengatakan, perbedaan mencolok ada pada alur pengujian atau mekanisme pendaftaran hingga pembayaran. “Alur pengujian pada istem lama dilakukan melalui pemberkasan manual, ke depan hanya perlu mengisi data di portal ngekironline.co.id,” terangnya.

Menurutnya, pada proses pembayarannya juga dipermudah melalui non-tunai. “Kami bekerjasama dengan Bank Jateng. Masyarakat bisa membayar lewat ATM, internet banking atau teller di sini,” katanya.

Selain itu, lanjut Kholip, jika pada sistem yang lama kelengkapan KIR berupa buku uji, stiker samping dan pelat uji. Namun semua itu akan diganti menjadi bukti lulus uji elektronik atau blue berupa smart card, sertifikat dan stiker hologram.