Inovasi BPJS Kesehatan untuk Kemudahan dan Kepuasan Peserta JKN-KIS

by

Pekalongan – Merayakan HUT ke-52 BPJS Kesehatan, para Duta BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayananan prima terhadap para peserta Program JKN-KIS yang datang hari itu ke BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekalongan, Rabu (15/07). Walau dengan kondisi wabah Covid 19, para Duta BPJS Kesehatan tetap beroperasional memberikan pelayanan prima dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“HUT ke-52 adalah lahirnya Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK) dulu pada tahun 1968, kemudian berubah menjadi PT Askes (Persero) pada 1992, dan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan Niken Sawitri.

Niken menambahkan tahun ini adalah momen yang sangat istimewa. Menurutnya, banyak sekali inovasi yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan untuk kelangsungan Program JKN-KIS ini.

“Tentunya juga untuk kepuasan peserta JKN-KIS. Inovasi dikeluarkan untuk memberikan kemudahan-kemudahan kepada peserta JKN-KIS dalam memperoleh akses pelayanan kesehatan,” jelas Niken.

Niken menambahkan, contohnya adalah Mobile JKN yang bisa diaskes oleh peserta melalui gadget. Dengan aplikasi Mobile JKN masyarakat dan peserta dapat memperoleh 5 (lima) kemudahan, yakni kemudahan untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan, kemudahan mencari informasi data peserta keluarga, kemudahan untuk mencari informasi kiriman iuran peserta, serta kemudahan mendapatkan informasi dan jawaban seputar JKN KIS.

Sementara itu, salah satu peserta JKN-KIS yang datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Afini Vika Ratnawati, mengatakan bahwa Program JKN-KIS sudah banyak membantu dirinya dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Afini menambahkan petugas pun memberikan informasi layanan teknologi supaya tidak perlu repot lagi datang ke kantor.

“Kebetulan hari ini mau menegubah kepesertaan anak saya dari peserta PPU ke PBPU, dapat tambahan informasi Mobile JKN dan lainnya, jadi tambah pengetahuan saya. Saya berharap BPJS Kesehatan dan Program JKN-KIS tetap selalu jaya dan terus memberikan layanan kesehatan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya. (ma/ey)