Sedekah Bumi Media Sosialisasi ‘Urip Anyar’

by
SEDEKAH BUMI - Bupati Asip Kholbihi menghadiri tradisi sedekah bumi di Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong.

BOJONG – Tradisi sedekah bumi atau legenonan merupakan warisan budaya lokal yang masih dilestarikan masyarakat pedesaan di Kabupaten Pekalongan. Di tengah pandemi Covid-19, tradisi ini dijadikan media untuk menyosialisasikan kebiasaan hidup baru (‘urip anyar’).

Pemerintah Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong bersama warga menggelar acara pertujukan wayang golek semalam suntuk dalam tradisi legenonan di desa itu, Rabu (22/7/2020) malam, dengan dalang Ki Hadi.

Acara pagelaran wayang golek sekaligus sedekah bumi ini dihadiri oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi Asisten I Totok Budi M, Camat Bojong, unsur muspika, kades serta tokoh masyarakat setempat.

Momentum acara sedekah bumi menurut Bupati Asip dijadikan sarana masyarakat berkumpul dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sekaligus pihaknya akan sosialisasi kaitannya dengan ‘urip anyar’.

“Urip anyar itu bagaimana? maskeran, sering cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, lalu setelah acara seperti ini sampai rumah ganti baju, untuk jaga kesehatan,” terangnya.