Jelang Iduladha, DKPP Surati Camat dan Penyuluh

by

KAJEN – Menjelang pelaksana Hari Raya Kurban atau Iduladha 2020, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan mengirimkan surat ke Camat dan Koordinator Penyuluh.

Kepala DKPP Kabupaten Pekalongan Siswanto, Rabu (22/7/2020) mengatakan, inti dari isi surat itu di antaranya pelaksanaan kurban di tengah pandemi tahun 2020 ini agar menjaga kebersihan, dan pastikan hewan kurban sehat. “Masyarakat bisa minta bantuan kepada petugas DKPP untuk memeriksa kesehatan hewan kurban,” kata dia.

Dalam surat itu, lanjut dia, pelaksanaan kurban tetap melaksanakan dengan ketat protokol kesehatan. Selanjutnya, bagi yang dekat dengan Rumah Potong Hewan (RPH) agar hewan kurban dipotong di RPH.

Sementara itu, dokter hewan Mu’tasim menerangkan, masyarakat harus teliti untuk membeli hewan kurban. Hewan kurban harus sesuai dengan ketentuan syariat seperti sehat, tidak cacat, dan sudah cukup umur atau pupak. Selain itu, ketentuan kesehatan hewan juga harus diperhatikan dengan baik.

Diterangkanya, secara kasat mata hewan kurban yang sehat memiliki ciri-ciri pergerakannya harus lincah, mata bersih dan bersinar, mulut tidak boleh pucat dan tidak terlalu merah, cuping hidung basah namun tidak berlendir, dan di sekitar mata dan anus harus bersih. Ciri fisik lainnya hewan sehat kulitnya elastis dan bulunya tidak rontok. (had)