99 Santri Ikuti Seleksi Beasiswa Tahfidz Alquran

by

KENDAL – Sebanyak 99 santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Kendal mengikuti seleksi beasiswa tahfidz Alquran 2020, program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal. Mereka lolos sleksi administrasi dari sebelumnya sebanyak 270 santri yang mendaftar. Seleksi dilakukan di Masjid Agung Kendal.

Ketua Baznas Kendal KH Ubaidilah, mengatakan seleksi beasiswa tahfidz Alquran diikuti dari santriwan maupun santriwati yang sedang menghapal Alquran. Seleksi terdapat tiga jenjang, yaitu penghapal juz 1-10, juz 1-20, dan juz 1-30.

“Tak ada batasan usia peserta umum, tetapi mereka merupakan santri dari pondok di Kendal yang terdapat program penghapal Alquran,” katanya, Rabu (22/7).

Diungkapkan, antusiasme peserta cukup tinggi. Jumlah pendaftar sebanyak 217, tetapi setelah dilakukan verifikasi administrasi yang dinyatakan lolos 99 peserta. Dari 99 tersebut kembali diseleksi hingga menjadi 40 orang dan mereka yang akan mendapat beasiswa dari Baznas Kendal. Penghapal juz 1-10 dialokasikan 20 orang, juz 1-20 untuk 10 orang, dan juz 1-30 dengan kuota 10 orang.

“Mudah-mudahan bisa penuhi targetnya, sehingga program kami dalam menyalurkan zakat terpenuhi. Tahun lalu dari target 35 beasiswa hanya terpenuhi 13 orang,” ungkapnya.