Dairah dan Si Petugas Rompi Kuning

by

Pekalongan – Dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan peserta JKN-KIS ke rumah sakit, akan semakin banyak juga peserta yang tentunya membutuhkan informasi terkait Program JKN-KIS tersebut.

Seperti halnya Dairah (60). Wanita yang sudah memasuki usia lanjut itu harus melakukan pengobatan penyakit polipnya yang tidak kunjung sembuh. Saat ditemui Tim Jamkesnews di Rumah Sakit Umum Daerah Kajen, dirinya mengatakan dirinya sempat bingung saat berobat ke rumah sakit.

“Saya tidak tahu harus kemana, waktu masuk saya hanya lihat kanan kiri saja tanpa tahu arah tujuan saya kemana,” ungkap Dairah saat diwawancarai oleh tim Jamkesnews pada Jumat (10/01).

Melihat Dairah yang sedang bingung, salah satu Petugas BPJS SATU! yang sedang bertugas saat itu dengan sigap mendatangi Dairah yang sedang kebingungan.

“Untung ada petugas BPJS yang pakai rompi kuning ini mendatangi saya. Saya dijelaskan dengan baik dan sangat jelas, sekarang saya tidak jadi bingung, sudah paham setelah ini saya harus melakukan administrasi dulu,” jelas Dairah.

Dairah yang sedang menunggu panggilan pemeriksaan sempat menceritakan pengalamannya menggunakan kartu JKN-KIS miliknya sebelum ke rumah sakit ini. Dirinya mengatakan sudah tiga bulan ini sakit polip tak kunjung membaik dan ia sering memanfaatkan kartu kepesertaan JKN-KISnya untuk berobat di Puskesmas yang tercantum di dalam kartu kepesertaannya.

“Saya sudah ingin cepat sembuh saja, waktu saya ke Puskesmas dan saya diminta dokter untuk langsung ke rumah sakit saja karena membutuhkan tindakan lebih lanjut dan langsung diberi rujukan oleh dokter. Waktu itu di Puskesmas saya juga dilayani dengan baik sama seperti sekarang ini saya dibantu oleh petugas yang mengenakan rompi kuning yang baik juga,” katanya.

Dairah senang dengan pelayanan di rumah sakit saat ini sangat bagus, dirinya berharap akan terus dilakukan perbaikan agar Program JKN-KIS ini dapat menolong orang-orang tua seperti dirinya.

Kehadiran BPJS SATU! dalam kunjungan-kunjunganya ke rumah sakit tidak dipungkiri memberikan banyak dampak dan manfaat yang banyak terhadap para peserta JKN KIS yang membutuhkan informasi tentang JKN-KIS, sehingga ketika berobat di rumah sakit kesulitan atau kendala yang dihadapi oleh peserta bisa ditangani langsung oleh BPJS SATU!. Dengan demikian, BPJS Kesehatan pun terasa lebih dekat dengan peserta JKN-KIS. (ma/ey)