Jelang Iduladha, Komisi C Cek Kesiapan RPH

by
SIDAK - Komisi C DPRD Kota Pekalongan menggelar sidak ke sejumlah RPH di Kota Pekalongan untuk meninjau kesiapan menjelang Iduladha.

KOTA – Menindaklanjuti hasil rapat kerja terkait kesiapan menyambut Hari Raya Iduladha belum lama ini, Komisi C DPRD Kota Pekalongan menggelar sidak ke sejumlah Rumah Potong Hewan (RPH), Selasa (21/7/2020).

Salah satu RPH yang ditinjau yakni RPH di Kertoharjo yang terbilang baru. Dalam sidak, terpantau sudah ada beberapa perubahan dan penambahan fasilitas. Sehingga diharapkan tahun ini RPH tetap dapat beroperasi walaupun kurang maksimal. “Alhamdulillah sudah ada perkembangan pembangunan sejak pertama kita meninjau lokasi RPH ini pada beberapa bulan silam, dari tadinya hanya bangunan saja, sekarang ada ril untuk hewan, alat jegal sapi juga sudah ada, meat market juga sedang dalam proses,” ungkap Wakil Ketua Komisi C, Dwi Heri Wibawa.

Namun dia melihat masih ada beberapa kekurangan. Hal itu dikarenakan anggaran yang sebelumnya dialokasikan harus dikurangi dalam refocusing anggaran untuk Covid-19. “Semula dianggarkan Rp1,5 M turun jadi Rp600 juta saja. Dana Rp600 juta ini akan dimaksimalkan dengan harapan Iduladha tahun ini sudah mampu beroperasional dahulu meskipun masih kurang maksimal,” tambahnya.

Dia menyatakan, ke depan pihaknya akan berupaya untuk mengajukan kembali anggaran tambahan guna melengkapi apa saja yang masih menjadi kekurangan RPH baru tersebut.

Sementara itu, Kabid Peternakan Dan Kesehatan Hewan Dinperpa setempat Ilena Palupi menjelaskan bahwa disiapkannya RPH Kertoharjo adalah untuk menampung jika kapasitas RPH di Panjang dan Kuripan sudah penuh. “Kita menyiapkan sarpras pemotongan sapi di RPH Kertoharjo, manakala antusiasme masyarakat untuk berkurban sangat tinggi kami siap menampung apabila di RPH Panjang dan RPH Kuripan sudah kewalahan menampung,” katanya.