Disetujui, RDTR Tulis Diharap Pacu Investasi

by
TANDA TANGANI- Ketua DPRD Batang, Maulana Yusuf bersama Bupati Wihaji menandatangani persetujuan bersama atas lima Raperda

BATANG – Raperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Bagian Wilayah Perencanaan Tulis Kabupaten Batang tahun 2020 – 2040 telah mendapat persetujuan bersama antar DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang.

“Penyelesaian RDTR ini menjadi sangat signifikan dalam membantu realisasi investasi karena bisa mempersingkat waktu izin pemanfaatan lahan,” ungkap Bupati Batang, Wihaji, kemarin.

Pihaknya telah menerima berbagai masukan dari Pansus DPRD untuk menghasilkan RDTR yang berkualitas. Adapun terkait berbagai masukan yang tertuang dalam persetujuan substansi Raperda RDTR ini pun sudah dilakukan penyempurnaan.

“Saran untuk memperhatikan lingkungan melalui penanganan limbah dan penanganan sampah yang baik merupakan komitmen dalam penyusunan RDTR dan tertuang dalam konsep berwawasan lingkungan yang tercantum dalam tujuan penataan Bagian Wilayah Perencanaan Tulis,” terang Bupati.

Menurutnya, penanganan limbah dan sampah akan disesuaikan dengan standar teknis dan peraturan perundangan untuk menciptakan atmosfer pemanfaatan ruang yang tidak hanya pro investasi tetapi juga pro lingkungan.