Masyarakat Bisa Partisipasi Pemutakhiran Data via Aplikasi Ciluba

by -

PLENO – KPU Batang saat menggelar rapat pleno PDPB secara virtual bersama pihak terkait.

BATANG – Meski tidak melaksanakan pemilu ataupun pilkada, KPU Batang rutin melaksanakan Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB). Hal ini seperti dilakukan KPU Batang dalam PDPB Tahap 4 secara virtual, Senin (21/7/2020). Rapat pleno ini juga diikuti oleh Bawaslu Batang, Disdukcapil Batang, serta perwakilan parpol.

Tak hanya pihak terkait saja, KPU Batang juga berharap masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam PDPB. Baik secara manual dengan datang ke KPU atau secara online di web maupun dengan menggunakan aplikasi CILUBA KPU Batang

“Di KPU Batang kami ada aplikasi CILUBA dimana di dalamnya ada fitur yang bisa memasukkan atau memberikan tanggapan terkait update data pemilih. Jadi semisal ada keluarga atau tetangga yang meninggal atau pindah tempat tinggal bisa segera dilaporkan via aplikasi CILUBA atau datang langsung ke KPU. Sehingga data pemilih bisa lebih update dan valid,” ujar Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Batang, Laela Hamidah saat diwawancarai usai kegiatan.

Ketua KPU Batang, Nur Tofan menjelaskan, agenda PDPB ini selalu dilaksanakan setiap bulan oleh KPU Batang. Hal ini didasari oleh Surat Edaran KPU Nomor 181 dan Nomor 550 Tahun 2020. Pelaksanaan PDPB bulan ini menghasilkan jumlah pemilih Laki-laki : 311.253 pemilih, Perempuan : 311.718 pemilih, total 622.971 pemilih.

“Data tersebut dihasilkan dan kami terima dari dinas yang menangani masalah Kependudukan dalam hal ini Disdukcapil. Karena seperti kita ketahui selalu ada dinamika penduduk, baik itu penduduk yang meninggal dunia, kemudian ada pemilih pemula, pindah domisili dan lainnya,” imbuh Tofan.

Ia juga berharap kerja sama seluruh elemen terkait agar bisa terus mengawal PDPB ini. Dengan harapan data yang dihasilkan semakin valid dan bersih. (nov)