Jembatan Kali Kupang Mangkrak

by
Jembatan Kali Kupang
MANGKRAK - Jembatan Kali Kupang yang merupakan penghubung antar Kabupaten Pekalongan -Batang mangkrak.
Jembatan Kali Kupang
MANGKRAK – Jembatan Kali Kupang yang merupakan penghubung antar Kabupaten Pekalongan -Batang mangkrak.

Penghubung Karangdadap-Pandansari, Batang

Setahun lebih pembangunan jembatan penghubung di dua wilayah Kecamatan Karangdadap dan wilayah Pandansari Kabupaten Batang mangkrak.

Jembatan lebar sekitar 7 meter dengan panjang sekira 60 meter itu telah dikerjakan sejak tahun 2016, namun setahun terakhir terbengkelai belum dikerjakan kembali. Padahal akses tersebut merupakan satu-satunya jembatan yang biasa digunakan warga Batang-Pekalongan supaya tidak memutar.

Kepala Desa/Kecamatan Karangdadap, Khudlori, Senin (8/1), mengharapkan pihak terkait dapat segera mengerjakan pembangun yang telah sekitar 50 persen itu sehingga dapat digunakan sebagai jalan penghubung dua wilayah kabupaten.



“Sudah dibangun tiga tiang pancang, namun saya tidak tahu kenapa proyek pembangunan jemnbatan itu sudah setahun belum ada pengerjaan kembali. Harapan kami jembatan itu dapat dikerjakan kembali dan dapat digunakan sebagai akses ekonomi dan pendidikan bagi warga Karangdadap, Doro, Kedungwuni yang akan melintasi wilayah Batang,” ungkap Khudlori saat bersama Sekdes, Muchsinudin.

Khudlori mengharapkan pihak terkait agar dapat menyelesaikan proyek pembangunan jembatan permanen tersebut sehingga dapat digunakan ketika lebaran tahuan ini.

“Jika lebaran penuh warga yang melintasinya dijembatan sasak penuh, yang saya khawatirkan jika debit air sungai penuh bisa menerjang jembatan sasak seperti tahun lalu, padahal jembatan dilokasi tersebut merupakan sarana fital bagi warga sebagai penghubung dua wilayah kabupaten,” ujarnya.

Kepala DPU Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro saat dihubungi Radar membenarkan mangkraknya proyek jembatan dua wilayah tersebut. Ia menjelaskan bahwa proyek tersebut dibangun menggunakan dana provinsi dengan satu pengguna anggaran yakni di pemerintahan Kabupaten Batang.

“Kondisi bangunan jembatan yang di sebelah baratpun yang gugur sudah kita foto dan kita laporkan ke pihak terkait di Kabupaten Batang,” tegasnya.

Wahyu menegaskan pihaknya telah mengajukan usulan agar anggaran pembangunan jembatan Sungai Kupang yang menghubungkan wilayah Karangdadap-Pandansari dapat segera dianggarkan, sehingga kembali dapat dikerjakan. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito