Himpaudi Bekali Pendidik dengan Pelatihan BDR

by

PELATIHAN DARING – Himpaudi Batang saat melaksanakan pelatihan daring Belajar dari Rumah.

BATANG – Himpaudi Batang mulai mempersiapkan diri untuk menyambut tahun ajaran 2020/2021. Pihaknya pun telah membekali para pendidik dengan pelatihan Belajar dari Rumah (BDR). Pasalnya nantinya pembelajaran tahun baru ini akan menggunakan sistem home schooling.

Ketua Himpaudi Batang, Hanik Tri Widyaningsih menjelaskan, homeschooling ini dipilih untuk meminimalisir rantai penyebaran Covid-19. Nantinya seminggu sekali guru akan melakukan kunjungan ke rumah salah satu kelompok. Sebelumnya para siswa sudah dibagi sesuai dengan kelompoknya maksimal 3 siswa per kelompok.

“Jadi kami sudah melakukan persiapan terkait pelaksanaan home schooling untuk tahun ajaran ini. Kami pun adakan pelatihan BDR secara online. Karena mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas yang berkerumunan secara fisik. Selain itu, kami juga sudah siapkan kurikulum dan materi untuk pembelajaran BDR,” jelasnya.

Ditambahkan, nantinya para pendidik akan mengunjungi rumah perwakilan kelompok siswa seminggu sekali. Di luar dari jadwal yang ditentukan, siswa belajar dari rumah dengan dibantu dan diawasi oleh orang tua. Siswa belajar melalui materi bahan ajar yang sudah dishare pendidik sebelumnya. Sehingga memang peran orang tua sangat mendukung kesuksesan program BDR ini.

“Program homeschooling ini adalah program pendidikan alternatif bagi anak usia dini yang melibatkan banyak peran. Seperti peran orangtua/wali secara sadar dan mandiri di rumah masing-masing sesuai dengan kurikulum penyelenggaraan belajar pendidikan anak usia dini. Jadi kami juga berharap dukungan dan sinergi antar berbagai pihak, Khususnya orang tua,” harapnya. (nov)