Mempermudah Urusan Orang Susah

by

KALAU dibantu atau diberi orang lain kita senang, maka apalagi dengan membantu orang lain. Begitu ungkapan A Handy Hakim SSos, Plt Kepala Kesbangpol Kabupaten Batang, dalam obrolan ringan di kantornya, Jumat (17/7/2020). Apalagi jika yang dibantu adalah orang yang sedang kepayahan.

“Pesan ini penting, terutama bagi mereka yang memiliki kewenangan atau sebut saja jabatan, karena mereka punya kesempatan untuk membantu banyak orang, secara khusus mempermudah urusan orang-orang yang tengah kesusahan. Ya karena tanda tangan atau bahkan omongannya bisa untuk meringankan masalah orang susah,” ungkap Handy.

Dia meyakini, saat membantu meringankan urusan orang lain, maka kebahagiaannya bukan hanya milik mereka yang dibantu. Lebih dari itu, yang membantu juga akan mendapatkan kualitas kebahagiaan yang sama.

“Maka beruntunglah mereka yang sebagian waktu hidupnya didedikasikan untuk membantu orang susah, melapangkan urusan orang yang kepayahan, karena sejatinya mereka sangat bahagia batinnya. Karena konon,puncak kebahagiaan justru diraih saat kita bisa membahagiakan orang lain. Ini aksi kemanusiaan yang mudah, tetapi sering kali dipersulit kita sendiri. Maka minimal, kalau kita belum bisa mempermudah urusan orang, jangan justru mempersulitnya. Apalagi kepada orang-orang susah, karena doa mereka langsung menembus langit,” terang Handy. (sef)