UMKM Berpotensi Kembangkan Perekonomian

by

MENIKMATI – Pasangan suami istri anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Candra Saputra- Shinanta saat mendampingi dua pejabat Kemendag RI untuk menikmati kuliner kas Kota Santri.

**Dua Pejabat Kementrian Perdagangan Ikut Promosikan Produk Lokal

KAJEN – Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) cukup potensial dalam pengembangan perekonomian. Sebagai promosi kuliner dan produk UMKM di Kota Santri, Dua Dirjen dari Kementrian Perdagangan RI, Sabtu (19/07/2020), mengunjungi UMKM Center di Wonopringgo.

Dua pejabat yang sengaja mengunjungi UMKM Center yang baru diresmikan Kamis (16/07/2020) itu adalah Direktur Tertib Niaga, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Sihard Hadjopan Pohan. Selain itu juga Dirjen Perdagangan Dalam Negeri adalah Nina Mora selaku Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi. Para pejabat itu datang bersama dua anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra dan Shinanta serta Kepala Dinperidagkop UMKM Kabupaten Hurip Budi Riyantini.

Di kawasan UMKM Center, kedua pejabat Kementrian Perdagangan berkesempatan mencicipi sejumlah makanan di lokasi kuliner. Kemudian mereka juga berkeliling ke sejumlah kios mulai dari kopi hingga produk lokal yang dijual di kawasan tersebut.

Direktur Tertib Niaga, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Sihard Hadjopan Pohan, kepada sejumlah awak media menyampaikan semua UMKM yang tersebar di sejumlah daerah diharapkan bisa meningkat. Paling tidak, usaha yang mereka galang selama ini bisa merubah status mereka.

Misalkan dari yang semula pengusaha mikro, berkembang menjadi kecil, lalu kecil menjadi menengah dan seterusnya. Dengan adanya peningkatan seperti ini, para pelaku UMKM dapat menunjukkan apabila yang telah dilakukannya berkembang dan meningkat.