2021, Program Jambanisasi Rampung 100%

by

PENJELASAN – Kades Lambanggelun, Paninggaran, Abdul Hadi bersama bedahara desa saat memberikan penjelasan program jambanisasi, kemarin.

*100 Warga Lambanggelun Bakal Dapat Bantuan Jamban

PANINGGARAN – Warga Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran cukup lega karena dalam waktu dekat ini akan mendapatkan bantuan 100 jamban dalam program DAK sanitasi.

Kepala Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran, Abdul Hadi usai acara sosialisasi DAK sanitasi di balai desa, Rabu (14/7/2020) kemarin menjelaskan, sampai saat ini sudah 960 kepala keluarga (KK)/rumah yang memiliki jamban. Angka itu setara dengan 80% dari total rumah yang ada di desanya.

Artinya, kata Hadi, masih ada sisa sekitar 20 persenan rumah yang belum dilengkapi jamban. Mereka inilah yang ditangani melalui program sanitasi, sehingga tahun 2021 ditargetkan program jambanisasi sudah 100%.

“Saat ini ada sekitar 160 rumah warga yang tercatat belum memiliki jamban, dalam waktu dekat akan mendapatkan bantuan seratus rumah,” ungkap Abdul Hadi didampingi bendahara desa.

Hadi menjelaskan, bantuan tersebut nantinya turun dalam bentuk material closet dan pipa yang akan diberikan kepada penerima. Mereka yakni warga yang telah terdata prioritas mendapatkan bantuan tersebut sebagai sarana sanitasi yang merupakan kebutuhan kesehatan warga.