Masuk Batang, Hewan Kurban Harus Sehat

by

TERNAK SAPI – Salah satu kandang peternakan sapi di Kabupaten Batang.

*Pedagang Wajib Kantongi SKKH

BATANG – Menjelang Hari Haya Idul Adha, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) terus mengoptimalkan pengawasan perdagangan hewan kurban, khususnya perdagangan ternak untuk kurban di wilayah Kabupaten Batang.

Sebagai upaya melindungi warga Kabupaten Batang dari hewan ternak yang bermasalah, Dislutkanak mengingatkan bagi para penjual ternak agar melengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) atas ternaknya.

“Untuk peternak supaya memilih hewan ternak yang sesuai dengan standar hewan kurban. Selain itu, peternak juga wajib melampirkan SKKH, terkhusus hewan ternak yang berasal dari luar Kabupaten Batang,” tegas Kepala Dislutkanak Kabupaten Batang, Sugiatmo, kemarin.

Dia menuturkan, kewajiban penyertaan SKKH bertujuan memberi perlindungan bagi masyarakat, lingkungan serta ternak itu sendiri. Sebab, saat ini di luar Batang, banyak beredar penyakit Antraks yang menjangkiti hewan ternak.

“Ya, syarat melampirkan SKKH itu berfungsi untuk menunjukkan bahwa hewan ternak yang dijual tersebut bebas dari penyakit hewan menular (strategis dan zoonosis) sehingga aman untuk dikonsumsi,” katanya didampingi Kasi Kesehatan Hewan, Syaiful.