Terapkan Protokol saat Penyembelihan Kurban

by
Ilustrasi penyembelihan hewan kurban. Net

*Pemkab Anjurkan Pemotongan di RPH

BATANG – Pemkab Batang menyiapkan aturan terkait mekanisme pemotongan hewan kurban di masa menuju kenormalan hidup baru. Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) setempat, Sugiatmo mengatakan bahwa pihaknya telah menyebarkan surat edaran pada seluruh camat.

“Kami minta para camat dapat memberikan sosialisasi kepada para penjagal agar supaya dalam penyembelihan hewan kurban tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya, Senin (13/7/2020).

Ia juga menekankan agar masyarakat melakukan pemotongan hewan kurban di tempat pemotongan hewan yang sudah disediakan pemerintah. “Biasanya proses penyembelihan hewan kurban di masjid/mushola menimbulkan banyak kerumunan. Untuk itu, kami anjurkan agar hewan kurban di bawa ke RPH saja,” katanya.

Ia menyebutkan, pemerintah memiliki tiga tempat rumah pemotongan hewan (RPH) di Kabupaten Batang, seperti di Kelurahan Sambong Kecamatan Batang, Desa/Kecamatan Limpung, dan Desa Banjiran Warungasem.

“Biaya cukup murah apabila masyarakat mau menggunakan fasilitas RPH, yakni cukup membayar retribusi Rp 15 ribu untuk sapi, dan Rp 3.500 untuk kambing. Namun untuk biaya penyembelihan dan lain sebagainya, harganya bervariasi,” jelasnya.