Dipasang Pompa, Rob di Dua Titik Reda

by

PASANG – Pemasangan pompa di Jalan Patiunus beberapa waktu yang lalu. Pemasangan pompa di titik tersebut dilakukan untuk menanggulangi banjir rob di kawasan Jalan Surabaya, Jalan Semarang dan Jalan Patiunus.

KOTA – Langkah Pemkot Pekalongan untuk menyelesaikan masalah banjir rob di titik Jalan Surabaya-Jalan Semarang dan juga titik Jalan Kutilang-Jalan Merak, kini sudah membuahkan hasil. Dengan memasang memasang pompa dan menutup saluran utama di dua titik lokasi itu, banjir rob yang sebelumnya hampir tiap hari menggenang kini sudah jauh berkurang.

Kabid Sumber Daya Air pada DPUPR, Khaerudin menjelaskan, untuk menyelesaikan masalah rob di dua titik tersebut pihaknya menggunakan sistem pompanisasi. Untuk titik Jalan Surabaya-Jalan Semarang, pihaknya memasang empat pompa yakni tiga pompa kecil berkapasitas 10 liter per detik dan satu pompa besar berkapasitas 50 liter per detik.



“Sistemnya kami menutup saluran besar di Jalan Patiunus yang menuju jaringen primer Sungai Loji. Ada dua saluran besar di sana semuanya kami tutup dan kemudian kami pasang empat pompa. Selain dua saluran besar juga ada 17 saluran kecil itu kami tutup dan kami sisakan tiga saluran untuk akses air,” jelasnya.

Pengadaan empat pompa tersebut, lanjut Khaerudin, bersumber dari dana darurat yang dikucurkan saat wali kota menetapkan statu tanggap darurat banjir rob. Ada sisa anggaran sebesar Rp100 juta yang kemudian dialokasikan untuk membeli empat pompa dan ditempatkan di lokasi tersebut.

Dia mengatakan, sebelum pemasangan empat pompa tersebut di bantaran Sungai Loji Jalan Patiunus sebelumnya juga telah terdapat satu pompa mobile. Pompa itu kemudian dipindahkan ke titik Jalan Kutilang yang ditempatkan di bantaran Sungai Loji yang berada di Jalan WR Supratman yang merupakan ujung saluran dari Jalan Kutilang. “Konsepnya sama, saluran menuju jaringan primer kami tutup dan kemudian kami pasang pompa,” tambahnya.

Dikatakan Khaerudin, sebenarnya saat ini masih terjadi rob meskipun ketinggiannya tidak seperti awal bulan Juni lalu. Namun dengan pemasangan pompa, masalah banjir rob di dua titik itu diklaim sudah reda. “Rob masih terjadi meskipun ketinggiannya sudah berkurang. Tapi dua lokasi yakni Jalan Surabaya-Jalan Semarang dan Jalan Kutilang-Jalan Merak saat ini kondisinya sudah kering tidak seperti sebelumnya setelah kami pasang pompa,” tandasnya.(nul)