Tak Penuhi Syarat, Rencana Sub TPA Dlisen Batal

by

*Lokasi Baru Ditetapkan di Babadan

BATANG – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang untuk menambah jumlah Sub tempat pembuangan sampah akhir (TPA) di Desa Dlisen, Kecamatan Limpung menuai kegagalan.

“Ya, karena TPA yang ada tidak memenuhi syarat teknis, maka akan dipindah ke Desa Babadan, Kecamatan Limpung,” ungkap Wakil Bupati Suyono, dalam nota jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi, kemarin.

Seperti diketahui, penambahan Sub TPA di wilayah Kabupaten Batang memang sudah sangat mendesak. Sebab, keberadaan Sub TPA Randukuning yang memiliki luas kurang lebih 4 hektar itu, kini sudah dalam kondisi over kapasitas.

“Mengenai perkembangan rencana kerjasama Pemkab Batang dengan Perhutani untuk penempatan Sub TPA di Desa Gringgingsari, Kecamatan Wonotunggal, dapat kami jelaskan bahwa Perhutani siap menyediakan lahan dan pembangunan TPA seluas 0 – 5 Ha menjadi kewenangan Gubernur,” terang Wabup.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Batang, Wihaji mengatakan bahwa TPA Randukuning seluas 4 hektar saat ini sudah dalam kondisi over kapasitas, sehingga memerlukan lahan TPA baru. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan percepatan pelaksanaan penambahan atau perluasan TPA.