Napi Bebas Bersyarat Diawasi Lewat Aplikasi

by

*Aplikasi Sitawas Besar

KOTA – Untuk memaksimalkan pengawasan terhadap narapidana (napi) yang bebas bersyarat, Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan bersama Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pekalongan, Lapas, dan Rutan Kelas IIA Pekalongan, dan Dinkominfo Kota Pekalongan akan memanfaatkan aplikasi Sistem Pengawasan Bebas Bersyarat (Sitawas Besar).

Aplikasi Sitawas Besar ini akan difasilitasi dan dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan.

Demikian diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan, Zainul Arifin, usai rapat koordinasi bersama perwakilan Lapas Pekalongan, Rutan Pekalongan, Bapas Pekalongan, dan Dinkominfo di Kantor Dinkominfo, Kamis (9/7/2020).

Menurut Zainul, Kejaksaan Negeri punya kewenangan untuk mengawasi pelaksanaan keputusan bebas bersyarat. Pengawasan tersebut akan disinergikan dengan instansi lain seperti Lapas, Rutan, Bapas, dan Dinkominfo.

Sinergitas diantaranya dalam hal pengumpulan data terhadap narapidana yang akan atau sudah melaksanakan pidana bebas bersyarat.

“Data ini nantinya akan sangat bermanfaat. Seandainya aplikasi ini sudah jadi maka dapat digunakan sebagai database kami sehingga pengawasan terhadap narapidana dapat dilakukan lebih maksimal,” terang Zainul.