Ini Penyakit-penyakit yang Rawan Komplikasi dengan Virus Corona

by

Tim Komunikasi Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Corona atau Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan orang yang memiliki Penyakit Tidak Menular (PTM) rawan penularan virus corona.

Beberapa penyakit tersebut di antaranya hipertensi, diabetes melitus atau kencing manis, penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan kanker tergolong rawan terhadap penularan virus corona.

“Orang yang mengidap penyakit tidak menular ini akan menjadi kelompok yang rentan apabila terinfeksi Covid-19. Sebab, PTM ini sangat berpotensi menjadi penyakit penyerta atau komorbid. Dan ini yang menyebabkan tingginya kasus fatal akibat Covid-19,” kata Reisa di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta.

Mantan host acara kesehatan Dr. OZ di Trans TV ini pun membagikan sembilan tips tambahan bagi para penderita PTM.

Salah satunya ialah aktivitas fisik dan olahraga dalam intensitas yang ringan dan sedang.

Hal ini dapat meningkatkan imunitas yang sangat diperlukan tubuh saat pandemi Covid-19.

“Hindari latihan dengan intensitas tinggi,” tambah Reisa.

Selain itu, kata Reisa melakukan ibadah, baca, buku mendengarkan musik dan jangan cemas juga menurunkan risiko tertulari Covid-19.

“Dan jangan lupa dengar dan ikuti anjuran pemerintah yang disiarkan resmi setiap hari dan hanya percaya berita yang terbukti kebenarannya. Hindari mitos dan yang membuat Anda panik,” tuturnya. (ngopibareng/jpnn)