Ini Dua Program Baru Atasi Rob

by

Satu titik lain, rencananya akan ditempatkan di aliran Sungai Loji. Namun titik spesifiknya saat ini masih dalam tahap pemetaan dan pertimbangan. Ada dua titik alternatif yang menjadi pilihan. Pembuatan pintu air dan pompa di titik tersebut memiliki mekanisme yang sama.

“Konsepnya sama dengan yang di ujung Sungai Bremi. Perbedaannya di aliran Sungai Loji ini juga akan dibangun pengendali air di kali sudetan guna mengendalikan aliran air yang masuk ke Sungai Loji. Akan diupayakan aliran air yang masuk ke Sungai Loji lebih sedikit dibandingkan yang masuk ke sungai sudetan,” tambahnya.

Program yang kedua, yakni peninggian tanggul di pesisir pantai Kota Pekalongan yang ada di Jalan Samudera, Kelurahan Panjang Baru. Rencananya peninggian tanggul akan dilakukan sepanjang 3,6 kilometer yakni mulai dari Pantai Pasir Kencana hingga ke Krematorium. Mengenai ketinggian tanggul, rencananya akan ditinggikan sekitar satu meter dari titik pasang tertinggi air laut saat limpas.

Kedua proyek itu, kata Khaerudin, akan direalisasikan pada tahun 2022 mendatang melalui BBWS Pemali-Juana yang merupakan kepanjangan tangan dari Kementrian PUPR. “Untuk pembuatan pintu air, diperkirakan akan selesai lelang pada Desember dan fisik akan dikerjakan pada 2021 mendatang. Untuk tanggul juga kemungkinan akan dilaksanakan di waktu yang sama,” tandasnya.(nul)