Siapkan Pembelajaran Daring, Batang Gelar IHT

by

*SMP Negeri 9 Batang

BATANG – Di masa new normal pembelajaran daring menjadi salah satu opsi yang akan dilakukan Disdikbud Batang. Oleh karenanya, SMPN 9 Batang menggelar In House Training, Rabu (8/7/2020) guna meningkatkan kompetensi para guru.

Kepala SMPN 9 Batang, Drs Casyanto berharap setelah mendapatkan pelatihan selama dua hari ini, para guru bisa membuat bahan ajar untuk pembelajaran daring. Selain itu guru juga lebih mahir dan melek teknologi, khususnya yang berhubungan dengan aplikasi dan sistem yang digunakan untuk pembelajaran daring.

“Dengan IHT ini para guru lebih familier dengan teknologi informasi. Sehingga jika nantinya menggunakan pembelajaran daring mereka lebih siap. Karena sudah paham dalam memanfaatkan berbagai Aplikasi. Seperti Google classroom, Zoom meeting, Google Form dan lainnya,” imbuhnya.

Kegiatan IHT ini diikuti oleh seluruh guru SMPN 9 Batang. Selain mengundang Disdikbud Batang sebagai pemateri, pihaknya juga mengandalkan guru yang sudah mengikuti pelatihan untuk turut sharing ilmu. Tak hanya itu, pelatihan ini juga digelar dengan anggaran subsidi silang antara sekolah dan iuran dari guru yang sudah sertifikasi.

Pihaknya juga sudah mengembangkan tim IT yang dikoordinir oleh guru TIK. Nantinya tim IT ini akan membantu para guru untuk menyiapkan pembelajaran daring.

“Jadi guru yang sudah mendapatkan pelatihan dari dinas, kami jadikan pemateri untuk guru lain. Untuk sharing ilmu terkait pengembangan pembelajaran daring. Kami juga sudah siapkan Tim IT yang nantinya akan membantu guru menyiapkan pembelajaran daring,” pungkasnya. (nov)