Pemkab Janji Benahi Mekanisme Penyaluran BST

by

BATANG – Menanggapi kritik DPRD Batang terkait masih carut marutnya penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi terdampak Covid-19 di wilayah setempat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menyatakan akan melakukan perbaikan dalam proses verifikasi serta validasi masyarakat miskin penerima bantuan.

“Ya, ke depan kita akan memperbaiki sistem verifikasi serta validasi masyarakat miskin dan meningkatkan kualitas sembako dalam pembagian BST baik tunai dan non tunai,” ujar Wakil Bupati Batang, Suyono, saat membacakan nota jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi, Rabu (8/7/2020).

Ia menjelaskan, bahwa sistem pendataan masyarakat miskin memang seharusnya mengacu pada Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2017 tentang pedoman umum verifikasi dan validasi (Verval) data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu.

“Pemerintah Desa/Kelurahan mempunyai kewajiban untuk melaksanakan Verval warga miskin, yang selanjutnya ditetapkan dalam berita acara musyawarah desa/kelurahan (musdes). Dalam pelaksanaannya, mereka harus menjalin koordinasi dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK),” terangnya.

Selain itu, lanjut Suyono, Pemkab Batang juga ikut merestui saran dari DPRD Batang mengenai masyarakat yang belum mendapat bantuan langsung tunai baik dari pusat, provinsi, kabupaten maupun dana desa dapat diusulkan melalui dana desa.