Pembuatan SIM Internasional Bisa Diakses secara Online

by

KOTA – Kabar gembira bagi warga Kota Pekalongan yang ingin memiliki SIM Internasional. Pemohon SIM Internasional tidak perlu datang langsung ke Satpas Pelayanan Korlantas Polri, karena Polri telah menyediakan layanan pembuatan SIM Internasional secara online di masa ‘new normal’ saat ini.

“Pemohon yang menggunakan layanan ini akan mendapatkan buku SIM Internasional dan akan dikirim ke alamat rumah melalui jasa pengiriman. Jadi, tak perlu lagi ke Kantor pelayanan di Korlantas Polri,” jelas Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Sutono, kemarin.

Dijelaskan Kasatlantas bahwa pemohon cukup membuka website registrasi SIM Internasional di laman siminternasional.korlantas.polri.go.id dan menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Setelah masuk ke website Korlantas, kemudian pemohon melakukan registrasi online dengan cara memasukkan pengisian data diri dan meng-upload foto dokumen yang masih berlaku seperti SIM, KTP, Paspor, KITAP (khusus WNA), selanjutnya meng-upload Pas Foto dengan latar belakang putih lalu upload foto tanda tangan.

Setelah mengisi dan meng-upload data lengkap, Pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran menggunakan BRIVA BRI untuk melakukan tahap pembayaran PNBP SIM Internasional dan jasa pengiriman.