Tahapan KIT Batang Dikebut Maraton

by

*JADI PERCONTOHAN
Sementara Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Ikmal Lukman dalam keterangan tertulis mengatakan, bahwa penyelesaian master plan KIT Batang dapat selesai pada pekan ini.

Ikmal menjelaskan, penyusunan master plan KIT Batang akan dibagi ke dalam dua tahap pengembangan. Tahap pertama adalah pengembangan 450 hektare lahan, kemudian tahap selanjutnya meliputi keseluruhan wilayah seluas 4.300 hektare.

“Untuk upaya percepatan ini, telah dibentuk tim kecil yang terdiri dari pihak pemerintah dan BUMN, di antaranya BKPM, Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian, PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Jasa Marga, dan PT Waskita Toll Road,” jelasnya.

KIT Batang ditargetkan untuk menjadi kawasan industri percontohan kerja sama antara pemerintah dan BUMN, dengan konsep infrastruktur dasar dan pendukung disediakan oleh pemerintah. Infrastruktur meliputi akses jalan untuk tol dan non-tol, penyediaan air baku dan air bersih, kereta api, listrik, gas, terminal kontainer darat (dry port) dan pelabuhan.

“KIT Batang akan dikembangkan sesuai klaster industri, bukan berdasarkan asal negara. KIT Batang juga harus mengalokasikan minimal 5 persen dari luas lahan untuk klaster Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar memperkuat keberadaan rantai pasok dalam areanya,” kata Ikmal. (fel)