Mantapkan Kompetensi, SMK Muhabat Gandeng KSPPS BTM Batang

by

BATANG – SMK Muhammadiyah Batang (SMK Muhabat) semakin berkomitmen meningkatkan kompetensi lulusannya, terutama dalam mempersiapkan peserta didik memasuki dunia kerja maupun industri. Karena itu, SMK Muhabat pun menjalin kerja sama dengan Koperasi KSPPS BTM (Baitut Tanwil Muhammadiyah) Kabupaten Batang.

Kepala SMK Muhabat, Harliyandri Iqbal N menjelaskan, kerja sama tersebut dilakukan guna meningkatkan daya saing di dunia usaha dan dunia industri (DU/DI), khususnya sekolah vokasi. Pihaknya terus melakukan perbaikan kurikulum industri yang sesuai dengan kebutuhan pasar nasional maupun global.

‚ÄúTerus menjalin Kerja sama dengan perusahaan lokal di Kabupaten Batang menjadi faktor penting bagi sekolah kami untuk senantiasa menjawab tantangan dunia kerja dan dunia industri yang sesungguhnya. Harapannya akan tercipta lulusan SMK Muhammadiyah Batang yang siap kerja dan memenuhi pekerja lokal di daerahnya,” jelas Iqbal usai meneken MoU kerja sama.



Ditambahkan, beberapa tahun ke depan banyak perusahaan asing yang menanamkan modalnya di Batang, yang akan menyerap banyak tenaga kerja lokal yang kompetitif dan produktif. Untuk itu, pihaknya ingin menyiapkan tenaga kerja yang handal, cekatan, dan jujur.

“Ini menjadi tantangan yang memang harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Upaya perbaikan sistem pembelajaran melalui kurikulum yang terintegrasi dengan DU/DI dan managemen pembiayaan satu pintu (One Management) menjadi visi yang akan kami tuntaskan sehingga akan menjawab tantangan era industry 4.0,” imbuh Iqbal.