Sepekan Dibuka, Makam Sapuro Masih Sepi

by

KOTA – Makam Sapuro yang berlokasi di jalan Madura, Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, resmi dibuka kembali sejak seminggu lalu. Namun hingga kini makam Sapuro masih sepi pengunjung sejak ditutup selama masa pandemi Covid-19. Imbasnya, roda perekonomian di sekitar makam pun masih lesu.

Hal itu dibenarkan Lurah Sapuro, Samigiono ketika ditemui di kantornya, Senin (06/7/2020). Kata dia, kondisi Makam Sapuro masih sepi kendati sudah dibuka. Kalaupun ada yang datang, semuanya pengunjung lokal Pekalongan dan sekitarnya.

“Masih belum ada kunjungan yang secara langsung dari luar kota. Paling yang peziarah lokal. Kalau makamnya tiap hari buka, tapi kan pengunjung itu belum begitu antusias ramai. Namun untuk pedagang sendiri sudah mulai menjajakan dagangnya,” ungkapnya.

Pemerintah Kelurahan Sapuro Kebulen sendiri menganggap hal itu sebagai hal wajar akibat kondisi ekonomi yang sedang lumpuh. Jangankan untuk wisata, kebutuhan pokok saja masih disuplai dari pemerintah selama pandemi.

“Ini bisa saja karena ekonomi lumpuh, maka ziarah mungkin nanti. Apalagi new normal seperti ini, ya anak sekolah masuk, kondisi dirasa masih sulit semua,” paparnya.