Ramai-ramai Soroti Realisasi BST

by

*Fraksi Nilai Penyaluran BST masih Carut Marut

BATANG – Realisasi penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi terdampak Covid-19 memantik banyak kritik, salah satunya dari DPRD Batang. Bahkan, tiga fraksi, yakni Fraksi PKB, Fraksi PPP, dan Fraksi Demokrat PAN, menyatakan bahwa pembagian BST baik tunai dan non tunai masih terlihat carut marut.

“Pembagian BST baik tunai dan non tunai masih carut marut,” ujar Ketua Fraksi PKB, Kukuh Fajar Rhomadhon, saat membacakan pandangan umum fraksinya dalam rapat paripurna DPRD dengan agenda pemandangan umum fraksi DPRD terhadap penyampaian Bupati atas LKPD TA 2019, Jumat (3/7/2020).

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang tidak sesuai aturan atau persyaratan dalam penyaluran BST tersebut. “Seperti adanya ASN yang masuk dalam daftar penerima bantuan, sampai dengan kualitas sembako yang tidak layak dan sebagainya,” katanya.

Ketua Fraksi PPP, Nur Faizin menilai masih terdapat ketidaktepatan dalam pendataan penerima BST. “Ya, saat kami melakukan kunjungan ke dapil, banyak warga yang mengadu kepada kami. Sehingga, carut marut pembagian BST itu terlihat jelas di lapangan,” terangnya.

Ketua Fraksi Demokrat dan PAN, Yuswanto mengatakan, bahwa dengan adanya masalah tersebut, maka DPRD mendorong pemerintah untuk memperhatikan masyarakat yang belum mendapatkan BST.