Duh, Banyak Pengunjung Tak Pakai Masker

by

*Tradisi Kliwonan Wonoyoso Kembali Dibuka

BUARAN – Memasuki era new normal, tradisi kliwonan Desa Wonoyoso, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan kembali dibuka mulai Jumat (3/7/2020) kemarin. Sayangnya, masih banyak pengunjung yang tak mengindahkan protokol kesehatan, seperti tak memakai masker, tidak jaga jarak, dan lainnya.

Faisal, perwakilan panitia mengungkapkan, salah satu faktor ramainya pengunjung karena selama pandemi covid-19 baru kali ini kembali dibuka. “Pengunjungnya lumayan banyak, masalahnya lama tidak buka,” ucapnya.

Dijelaskan Faisal, warga biasanya mulai berdatangan ke masjid sejak jam 5 pagi hingga selesai. Bahkan ada pula dari luar kota seperti Mataram dan Madura dari malam sudah berkunjung di sana.

Kendati demikian, dia mengaku tetap ada perbedaan pra atau sebelum covid dan pasca atau setelah new normal. “Ada perbedaan, keramaiannya beda. Kalau ini belum terlalu ramai karena orang belum tahu kalau sudah buka,” ungkapnya.

Tradisi kliwonan Wonoyoso sendiri menurut sebagian besar masyarakat Buaran merupakan suatu budaya turun menurun. Tradisi ini diyakini masyarakat sebagai ritual masyarakat Buaran dan sekitarnya apabila mandi di sumur yang berada di samping Masjid Jami tersebut pada hari Jum’at Kliwon apa yang diinginkan dapat terkabulkan atau apabila punya penyakit, kalau mandi dengan air sumur tersebut diyakini bisa sembuh.