Harga Daging Ayam Terus Naik

by

*Diduga Karena Kelangkaan Bibit

BATANG – Harga daging ayam di pasaran akhir-akhir ini mengalami kenaikan. Di Pasar Batang, harga daging ayam per kilogram dipatok mulai Rp 38 ribu hingga Rp 42 ribu. Sementara di tingkat pengecer harga daging ayam bisa mencapai Rp 45-48 ribu per kilonya.

Di Pasar Induk Batang, harga daging ayam telah mencapai Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogramnya. Satu di antara pedagang daging ayam, Rohayati mengatakan, harga daging ayam telah berangsur naik dari beberapa hari yang lalu.

“Sebenarnya kenaikan daging ayam sudah dari sebelum lebaran, sempat turun tapi terus naik lagi, sekarang rata-rata per kilogram Rp 40 ribuan,” tuturnya, Jumat (3/7/2020).

Dikatakannya, kenaikan harga membuat konsumen mengeluh dan tingkat pembelian daging ayam menurun. Dia pun tidak mengetahui pasti penyebab kenaikan harga tersebut.

“Kalau penyebab pastinya kurang tahu, karena saya dari supplier harga sudah tinggi, dampaknya daya beli turun. Biasanya bisa menjual 20 sampai 25 kilogram, sekarang separuhnya sekitar 10 sampai 15 kilogram saja,” ujarnya.