Lakukan Studi Komparasi dan Berbagi Ilmu

by
Kunjungan Komparasi
BERBAGI PLAKAT - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi berbagi plakat kenang-kenangan dengan Wali Kota Pematang Siantar Hefriansyah dalam kunjungan komparasi, kemarin. MUHAMMAD HADIYAN
Kunjungan Komparasi
BERBAGI PLAKAT – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi berbagi plakat kenang-kenangan dengan Wali Kota Pematang Siantar Hefriansyah dalam kunjungan komparasi, kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

Melihat Kunjungan Bupati Pekalongan ke Pematang Siantar, Sumut

Pemkab Pekalongan melakukan studi komparasi dengan daerah-daerah maju di Indonesia. Kali ini objek studi Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara (Sumut). Seperti apa? M Hadiyan, Kajen

Kegiatan studi komparasi dilakukan dalam rangka menciptakan keberhasilan tata kelola pemerintahan, dalam pelayanan dan peningkatan kinerja birokrasi dengan tujuan menciptakan pelayanan serta pemberdayaan masyarakat untuk percepatan pembangunan.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi istrinya Munafah yang juga Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dekranasda, serta Sekda Mukaromah Syakoer, disambut baik oleh pemerintahan setempat.

Kunjungan rombongan dari Pemkab Pekalongan, diterima langsung oleh Wali Kota Pematang Siantar Hefriansyah dan istri, serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di salah satu kota maju, Sumatera Utara tersebut.

Keakraban yang ditunjukkan Bupati Pekalongan dengan Wali Kota Pemantang Siantar, menunjukkan sebuah harmoni daerah maju di Indonesia, yang memiliki semangat sama yakni mencapai tata kelola pemerintahan yang baik.

“Melalui kunjungan studi komparasi ini, kita dari Kabupaten Pekalongan, dengan Kota Pemantang Siantar, sebagai daerah yang kita tuju, ingin melakukan banyak diskusi tentang tata kelola pemerintahan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, serta keberhasilan percepatan pembangunan,” ujar bupati.

Dari diskusi yang dilakukan, ternyata banyak kesamaan pelaksanaan pembangunan antara dua daerah tersebut. Sehingga, terjadi pertukaran pengalaman, ilmu, serta aplikasi di tengah-tengah masyarakat. Karena semua tujuan keberhasilan tersebut adalah untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Disini kita semua saling belajar terhadap kelebihan masing-masing, kemudian saling koreksi kekurangan masing-masing, dan menyatukan masukan-masukan yang ada untuk dapat diaplikasikan di masing-masing daerah,” terang bupati.

Sebab menurutnya, dalam kunjungan tersebut Kabupaten Pekalongan banyak mengambil pelajaran keberhasilan penerapan tata kelola pemerintahan di Pematang Siantar, pemberdayaan masyarakat, dan lainnya. Begitu pula sebaliknya, tak sedikit paparan yang disampaikan dari Kabupaten Pekalongan juga akan di terapkan di Pematang Siantar. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito