Di Tengah Pandemi, KONI Pantau Latihan Atlet Lewat Video

by

KOTA – Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan, menjadi salah satu narasumber dalam webinar nasional dengan tajuk Diskusi Olahraga dan Prestasi (Dorpres) yang digelar Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP), Selasa (30/6/2020) malam. Maretan mendapatkan porsi berbicara dengan tema ‘Menjaga Semangat Prestasi Olahraga di Era New Normal’.

Berbicara selama satu jam, Maretan memaparkan berbagai upaya KONI dalam menjaga semangat dan kondisi atlet di bawah 34 cabor agar tetap dalam kondisi prima. Salah satunya dengan cara rutin memantau latihan melalui video yang dikirimkan masing-masing cabor. “KONI memiliki program sendiri. Melalui cabor, kami minta atlet tetap diawasi setiap hari bagaimana latihannya. Atlet diminta mengirimkan kegiatan latihan dalam bentuk video,” tuturnya.

Menurut Maretan hal itu sangat penting. Jangan sampai atlet tidak melakukan kegiatan latihan dengan alasan pandemi Covid-19. “Stamina dan kondisi tubuh harus tetap dijaga. Karena bagaimanapun olahraga tidak bisa berhenti. Karena akan sulit memulainya lagi maupun mencapai kondisi prima kembali,” tambahnya.

Namun setelah kondisi kembali normal, KONI juga akan segera membuat program pemantauan langsung ke lokasi latihan masing-masing cabor. “Ini akan menjadi program selanjutnya dari KONI sehingga pembinaan akan terus berkelanjutan. Kami akan membagi tim untuk melakuka pantauan langsung ke lapangan,” kata Maretan.

Pantauan langsung juga menjadi hal yang penting agar pengurus bisa mengetahui secara langsung sistem latihan atlet dan kondisi masing-masing cabang olahraga. Selain itu, dengan hadir langsung dan berkomunikasi dengan para atlet maka mereka juga merasa mendapatkan perhatian dari KONI sehingga semangatnya juga akan selalu terjaga.