Darurat, Warga Degayu Swadaya Uruk Jalan Labuhan I

by

*Kondisi Rusak Parah Akibat Rob

DEGAYU – Warga Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan kompak melakukan aksi swadaya menyediakan tanah untuk urukan jalan berlobang di wilayah Jalan Labuhan 1. Ruas jalan tersebut rusak parah karena terdampak rob.

Seperti diketahui, Kelurahan Degayu menjadi salah satu wilayah yang terdampak rob parah di Kota Pekalongan, alhasil beberapa sarana prasarana warga seperti jalan mengalamai kerusakan parah. Tidak hanya mengganggu aktifitas warga saat berkendara, bahkan tak jarang menyebabkan kecelakaan.

Lurah Degayu, Ma’as Sobirin, mengungkapkan, pengurukan tanah di Jalan Labuhan 1 itu murni inisiasi dari warga sekitar. Warga gotong royong menyisihkan rezekinya untuk uruk jalan yang dirasa perlu perbaikan.

“Upaya mengatasi rob untuk warga itu tidak bisa berbuat banyak terkait anggaran, tapi karena terhimpitnya keadaan, di Jalan Labuhan 1 itu kan rusak parah sampai sampai ada beberapa korban yang jatuh. Sehingga warga berinisiatif swadaya untuk pengUrukan semampuanya, tapi pak RT tidak menekankan berapa tapi seikhlasnya warga sekitar untuk berswasdaya untuk urukan. Hingga ada sekitar 7 truk untuk urukan,” ungkap Ma’as Sobirin di kantornya, Rabu (1/7/2020).

Dijelaskan, bahwa Jalan Labuhan 1 sendiri merupakan jalan utama menuju Dukuh Clumprit, namun pasca rob cukup memprihatinkan. Banyak Lubang di jalan tak dan jarang tergenang air yang keruh sehingga menghalangi pandang pengguna jalan.